G24 Innovations, Satu Lagi Perusahaan Start Up DSSC

G24 Innovations, adalah perusahaan start up baru yang bergerak dalam bidang DSSC (sel surya berbasis dye). Berdiri pada tahun 2006, perusahaan ini mengantongi lisensi untuk berproduksi di eropa dengan hak distribusi ke seluruh dunia. Dengan produk unggulan berupa DSSC yang fleksibel, tipis dan berfungsi pada tingkat cahaya yang rendah, sel surya jenis ini akan sangat berguna pada aplikasi-aplikasi dalam ruangan (indoor). Ini kata promosi perusahaannya lho, he he he…
Untuk lebih tahu tentang teknologi sel surya jenis ini, mari kita kupas satu per satu “jerohan” sel surya ini.

Teknologi manufakturing yang dikembangkan perusahaan ini adalah proses roll to roll. Dengan process ini, sel surya dalam kuantitas besar dapat di hasilkan. Sebagai informasi, teknologi ini juga dikembangkan oleh NanoSolar dalam produksi sel surya jenis CIGS. Teknologi roll to roll menggunakan proses printing untuk melapiskan zat aktif (TiO2) solar sel diatas substrate. Tentu substrate yang digunakan adalah substrate fleksibel yang konduktif. Karena tidak ada informasi lebih lanjut mengenai bahan substrate ini, menurut dugaan penulis yang digunakan adalah bahan plastik yang dilapisi oleh bahan conductive oksida, mungkin ITO.
Setelah cari tahu lebih lanjut tentang G24 inovations ini, tidak ada informasi lebih lanjut yang bisa diperoleh dari homepagenya mengenai effisiensi dan umur dari sel surya itu sendiri. Kenapa dua pertanyaan ini penting, karena biasanya untuk ukuran modul, sel surya jenis DSSC akan mempunyai efisiensi tidak lebih dari 10%. Selain itu, karena ada larutan elektrolit didalamnya, teknologi “sealing” yang tepat akan sangat diperlukan untuk memperpanjang umur pakainya. Kalo dilihat dari aplikasinya, G24 innovations memang menawarkan berbagai aplikasi yang sangat berguna seperti untuk charge battery, keperluan militer, penerangan di daerah terpencil, dsb. Selanjutnya, seberapa bagus prospek teknologi ini ? Mari kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar