Kunjungan Prof. Peukert ke Lab.

Prof. Wolfgang Peukert

Hari ini tanggal 12 desember 2007, Prof Peukert dari universitas Erlangen, Jerman (http://www.lfg.uni-erlangen.de/Personen/index_personen_en.html) berkunjung ke lab kita.

Disela-sela kunjungan beliau, sebuah kuliah menarik tentang nanoteknologi dan mekanisme sintering pada process aerosol telah disampaikan. Dalam penjelasannya, beliau menyampaikan beberapa point yang menarik yang sempat saya ingat antara lain:


1. Bahwa nanopartikel adalah building block untuk semua material. Untuk merekayasa material, nanopartikel perlu disusun menjadi sebuah struktur, kemudian dirakit menjadi sebuah devais dan akhirnya menjadi produk. Untuk mengintegrasikan semua ini, inter-disiplin ilmu harus terlibat antara lain kimia, teknik kimia, teknik mesin, fisika, kedokteran dan ilmu lain yang terkait dengan applikasi. Material yang diteliti di lab beliau meliputi material untuk elektronik, photonik, katalis dan juga komposit ringan.

2. Diperlukan sebuah pemahaman tentang bagaimana proses pembentukan sebuah nanopartikel. Lebih detailnya, beliau menyampaikan simulasi tentang sintering aerosol. Dalam sintering proses ini, viscous flow bukan merupakan satu-satunya faktor penentu yang menyebabkan partikel ber-fusi, tetapi pengaruh gaya Van Der Walls juga memberikan kontribusi yang signifikan.

3. Selain itu, beliau juga menyampaiakan sebuah paradigma baru dalam penelitian nanoteknologi yaitu merekayasa nanopartikel sesuai dengan fungsi yang di kehendaki. Seperti diketahui dari Hans Rumpf’s property function, bahwa sifat partikel tergantung dari komposisi kimianya dan juga properti dispersi-nya. Dengan mengetahui kedua korelasi tersebut, dimasa depan diharapkan bisa membuat nanopartikel sesuai sifat yang dikehendaki.

Dari paparannya, sungguh sebuah peluang yang sangat menarik di masa depan dimana sebuah partikel bisa dibuat berdasar sifat yang diingini. Menarik bukan?